Berita Terkini

Mengenal Simbol-simbol Unik Rambu Lalu Lintas di Australia

Apabila Anda sedang mencari tempat untuk memarkirkan kendaraan di jalan raya atau tempat umum lainnya, maka yang pertama harus anda amati adalah apakah tempat tersebut memiliki rambu lalu lintas berhuruf “P”. Hal ini menandakan bahwa tempat tersebut memang disediakan sebagai lahan parkir. Anda bisa menempatkan kendaraan tertentu di sepanjang jalan. Hindari penggunaan lahan parkir yang tidak disediakan.

Baca juga: Bahaya Modifikasi Sepeda Listrik di Australia

Khusus untuk di Australia, terdapat sebuah rambu lalu lintas dengan simbol huruf 2P. Jika diartikan, maka pengguna kendaraan dapat memarkir di sana hingga 2 jam lamanya tanpa harus membayar atau gratis. Keberadaan rambu lalu lintas 2P diakui sangat membantu bagi para pengendara yang hendak berhenti di sekitarnya. Jika sudah lebih dari 2 jam, maka anda perlu mencari “parking meter” atau mesin tiket untuk membayar biaya parkir lebih dari 2 jam.

Apabila anda mengamati rambu lalu lintas di Australia yang bertuliskan ‘no entry buses excepted’, hal ini diartikan bahwa hanya Bu saja yang dapat memiliki akses jalur tersebut. Kemudian ada pula sebuah rambu lalu lintas yang mengatakan ‘road safety cameras operate in this area’, ini diartikan bahwa wilayah tersebut memiliki kamera yang dapat memindai kecepatan sekaligus berhenti atau tidaknya kendaraan mobil saat berada di lampu merah.

Sejatinya di Australia memiliki beragam batasan kecepatan kendaraan yang disesuaikan menurut keadaan umum lokasinya. Apabila anda mengamati sebuah rambu lalu lintas yang memiliki tanda berupa huruf ‘S’ yang tercoret, ini berarti Anda tidak boleh untuk memberhentikan kendaraan secara sengaja.

Adapun rambu lalu lintas yang memiliki simbol berupa huruf ‘C’ yang artinya adalah Clearway. Aturan dari simbol lalu lintas tersebut adalah jalan harus bebas dari kendaraan apapun yang telah periode waktu yang telah ditentukan. Ini bisa anda amati pada bagian jam pada simbol ‘C’ tersebut yang mana tidak diizinkan untuk menjadi tempat berhenti atau parkir di bagian bawah rambu lalu lintas Coolzone Advertising .

Apabila Anda naik cat untuk memarkirkan kendaraan selama penerapan jam ‘clearway’ maka bisa saja kendaraan anda akan diderek. Pastikan anda memperhatikan rambu-rambu lalu lintas pejalan kaki jika Anda saat ini sedang berada di pedestrian jalanan Australia. Pejalan kaki di Australia dapat menyeberangi jalan melalui traffic light dan harus memperhatikan jalur zebra cross yang memiliki garis-garis putih, garis tersebut sengaja dirancang sebagai wilayah pejalan kaki yang akan menyebrang. Jika anda tidak mengikuti peraturan sebagai pedestrian atau pejalan kaki, maka anda akan dituntut denda karena menyepelekan peraturan jalanan. Istilah pejalan kaki yang ceroboh dan tidak berhati-hati tersebut dinamai dengan “jaywalking”.

Sumber:

  • https://coolzone-advertising.com/
  • https://republika.co.id/berita/internasional/abc-australia-network/17/04/04/onvywg366-belajar-memahami-rambu-lalu-lintas-di-australia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *