Uncategorized

Cegah rayap Pada Bangunan Konstruksi

Rumah yang bersih dan terhindar dari berbagai kotoran dan hama adalah impian setiap orang. oleh karena itu, kebersihan dan keindahan rumah harus senantiasa dijaga dan dilestarikan supaya tetap nyaman untuk ditempati. Bahkan, jika kebetulan rumah Anda sedang terserang hama dan lain sebagainya, upayakan untuk segera diatasi atau dicegah.

Hama adalah hal yang sangat membosankan dan merugikan manusia. Selain membuat seseorang merasa tidak nyaman, adanya hama juga menyebabkan bangunan rumah cenderung mengalami kerusakan sehingga Anda akan rugi. Ada berbagai jenis hama yang bisa merugikan rumah Anda., diantaranya adalah lalat, kecoa, rayap, cicak, tikus, nyamuk dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dari berbagai jenis hama di atas, yang paling merugikan dan sering merusak bahkan hingga parah adalah rayap. Rayap adalah salah satu jenis hewan yang memakan zat selulosa pada kayu. Rayap ini mudah beranak dan berkembang biak dalam jumlah yang besar sehingga Anda harus segera mengatasinya sedini mungkin. (jasa pembasmi rayap)

Upaya yang paling pas untuk mengatasi rayap adalah dengan melakukan pencegahan. Dengan adanya pencegahan, Anda tidak perlu khawatir diserang sehingga hidup Anda akan nyaman. Diantara yang penting untuk diperhatikan dan dilakukan pencegahan adalah pada sisi bangunan konstruksi mengingat rayap adalah jenis hama yang bersifat merusak bangunan. oleh karena itu, pada pembahasan kali ini akan kita bahas mengenai cara pencegahan rayap pada bangunan konstruksi.

Rayap tanah

Ada beberapa jenis rayap yang hidup di sekitar manusia. Hal ini tentu tidak banyak diketahui kecuali melalui penelitian. Rayap tahan sendiri memiliki pola kehidupan yang membangun koloni. Pada setiap koloninya, ada milyaran rayap yang hidup dalam kasta yang berbeda-beda. Diantara kastanya adalah kasta ratu dan raja yang tugasnya hanya melakukan reproduksi. Selain itu, ada juga kasta pekerja yang jumlahnya ribuan dan memiliki tugas mencarikan makanan untuk semua koloninya. Jenis rayap kedua ini adalah jenis yang seringkali merusak konstruksi manusia sehingga harus segera diatasi. Selain itu, ada juga kasta tentara yang bertugas melindungi koloninya dari gangguan musuh seperti semut dan lain sebagainya.

Cara rayap tanah menyerang

Rayap tanah merupakan jenis hewan yang sifatnya bersembunyi. Pada bagian tubuhnya, ada membrane tipis yang sangat peka sehingga rayap akan membawa tanah kemudian membentuk suatu lorong guna melindungi bagian tubuhnya dari udara terbuka. Selain itu, juga untuk melindungi tubuhnya dari serangan binatang yang lain. Rayap pada umumnya bergerak vertical hingga ia mampu memperoleh jenis makanan. Di dalam berbagai jenis konstruksi, rayap akan masuk melali celah dinding. Dalam perjalanannya, ia akan menumpahkan protein di sepanjang jalan dan kemudian lambat laun akan berubah menjadi jamur. Jamur tersebutlah yang akan mengubah tembok menjadi lunak dan bisa dilewati oleh rayap.

Cara menghindari rayap

Untuk menghindari munculnya rayap pada bangunan Anda. upayakan untuk menghindari membangun rumah pada lahan yang merupakan bekas hutan. Apabila terpaksa demikian, maka upayakan untuk melakukan pencegahan dengan chemical barrier yang merupakan treatment anti rayap pra konstruksi yang sangat ampuh dalam mencegah munculnya rayap di sekitar rumah Anda.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara pencegahan rayap pada bangunan konstruksi yang bisa Anda jadikan acuan atau rujukan saat hendak melakukan hal yang sama. Pada intinya, hama apapun itu harus segera diatasi dan dicegah supaya tidak meraja lela. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *