Uncategorized

Cara Mencari Akomodasi yang Layak dan Nyaman di Australia

Banyak pelajar setingkat mahasiswa yang berasal dari Indonesia melanjutkan pendidikannya ke Australia untuk mendapatkan tingkat pendidikan yang lebih tinggi bertaraf internasional.

Seperti tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ingin melanjutkan studinya ke Australia untuk mendapatkan gelar Sarjana atau untuk melanjutkan Magisternya atau bahkan ada yang ingin bekerja di Australia.

Perlu diketahui anggaran biaya pada setiap akomodasi memiliki harga yang berbeda tergantung situasi dan kondisi. Berikut akan saya beberapa uraian bagi Anda yang ingin tinggal di Australia. Biaya hidup untuk tinggal di sana mungkin saja dapat berbeda di setiap kota di Australia.

Bagaimana caranya memilih tempat tinggal yang tepat dan nyaman di Australia?

Tidak perlu khawatir mengenai bagaimana caranya memilih tempat tinggal di Australia. Kita dengan mudah jumpai pada surat kabar, papan pengumuan di kampus, bahkan ada yang langsung menempelnya di sepanjang jalan di Australia. Beberapa lembaga juga memposting lowongan tempat tinggal di situs web mereka sendiri.

Sistem pembayaran dan perjanjian sewa apartemen, rumah, kamar atau kos kosan di Australia sedikit berbeda dengan Indonesia. Berikut penjabarannya:

  • Sewa kamar biasanya dilakukan oleh dua belah pihak yang terikat selama masa perjanjian yang biasanya berlangsung selama 6 bulan atau lebih.
  • Anda harus meminta kuitansi atau bukti pembayaran untuk setiap transaksi yang telah Anda lakukan.
  • Baca dan perhatikan bahwa Anda betul- betul harus sudah memahami isi perjanjian tersebut sebelum menandatanganinya. Kemudian jangan lupa simpan salinannya pada dokumen Anda.
  • Ada formulir standar yang biasanya disediakan oleh pemilik tempat atau agen Real Estate. Oleh karena itu semua perjanjian yang menyangkut sewa harus tertulis.
  • Sistem pembayaran biasanya dilakukan setiap dua Minggu sekali atau sesuai perjanjian kedua belah pihak.
  • Bila Anda ingin pindah ke tempat tinggal yang lain, maka Anda harus melunasi semua pembayaran setidaknya 1 bulan sebelum Anda berencana pindah tempat tinggal.

Cara mencari tempat yang nyaman dan aman pada saat belajar di Australia:

  • Sebelum menemui “Housing Officer”, yaitu orang yang membantu dalam pengurusan tempat tinggal dan mencari akomodasi. Anda harus menentukan jenis akomodasi yang Anda cari, perkirakanlah biaya sewa yang terjangkau dan di mana tempat Anda ingin tinggal.
  • Perhatikan keadaan sekitar lokasi dan periksa kamar/flat/rumah/ yang Anda minati sebelum memutuskan pilihan yang tepat.
  • Jangan merasa terpaksa untuk menyewa tempat tinggal yang tidak cocok menurut Anda. Carilah pilihan yang cocok dan nyaman untuk Anda tinggali.

Itu dia beberapa tips mencari akomodasi yang layak bagi pelajar atau pekerja yang ingin tinggal di Australia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *