Berita Terkini / Kesehatan

Sejarah Perkembangan Pelayanan dan Pendidikan Kebidanan di Dunia

Bidang keperawatan dan kebidanan di Australia, pada awal abad ke 19 bermulai dengan cara tradisi dan latihan. Pelopornya adalah Florence Nightingale. Pada tahun 1824, karena masih banyak didominasi oleh dokter, kebidanan masih belum dikenal sebagai bagian dari pendidikan medis di Inggris dan Australia.

Walapun banyak sekali wanita yang hamil, pada saat itu wanita yang melahirkan tidak dirawat dengan benar seperti sekarang. Hal ini dikarenakan prostitusi berkembang dengan cepat. http://www.seragamibi.com/

Pendidikan kebidanan bermula pada tahun 1862, para lulusan kebidanan pada masa itu memiliki ilmu pengetahuan tentang pengetahuan teori dan praktik. Pendidikan diploma kebidanan dimulai pada tahun 1893. Pada tahun 1899, para bidan yang sekaligus perawat hanya boleh berkerja di rumah sakit.

Hasilnya, sebanyak 30% persalinan berhasil ditolong oleh bidan pada tahun 1913. Pada tahun 1900-1940 banyak jumlah dokter yang menangani proses persalinan, namun tidak ada penurunan tingkat kematian ibu.

Banyak wanita yang termasuk kalangan kelas menengah atas ditangani oleh dokter dalam proses persalinannya, mereka mengalami infeksi lebih parah daripada wanita miskin yang ditangani oleh bidan.

Berbeda dengan Australia, ilmu kebidanan di Amerika Serikat, tepatnya pada tahun 1700, para ahli sejarah memperhitungkan angka kematian ibu di AS sebesar 95%. Hal ini diperkirakan karena wnaita yang hendak melakukan proses persalinan tidak dengan suasana hati yang senang. Mereka takut dan cemas pada kemungkinan terjadinya kematian. Namun, beberapa wanita yang melahirkan berhasil ditolong oleh dokter.

Barulah pada tahun 1765, pendidikan formal tentang kebidanan mulai dibuka. Bidan mulai membangun filosofi tentang kelahiran bayi adalah suatu hal yang normal dan tidak dapat dipisahkan dari kodrat wanita.

Akhir abad ke 18, banyak kalangan medis yang berpendapat bahwa secara emosi dan intelektual wanita tidak dapat belajar dan menerapkan metode obstetrik. Pendapat ini digunakan untuk memfitnah bidan, sehingga bidan tidak mempunyai pendukung, tidak mempunyai banyak uang, tidak terorganisir, tidak melihat diri mereka sebagai seorang yang profesional.

Sejak awal 1900, hanya wanita yang kaya saja yang bisa melakukan persalinan di dokter, sedangkan wanita yang miskin bersalin dengan bantuan bidan.

Tahun 1915, Dokter Joseph De Lee menyatakan bahwa kelahiran bayi adalah proses patologis dan bidan tidak mempunyai peran didalamnya.

Sedangkan saat ini, Amerika Serikat merupakan negara yang menyediakan perawatan maternitas termahal di dunia, tetapi sekaligus merupakan negara industri yang paling buruk dalam hasil perawatan antenatal diantara negara – negara industri lainnya. Bidan menangani 1,1% persalinan di tahun 1980, 5,5% di tahun 1994. Angka sectio secaria menurun dari 25% di tahun 1988 menjadi 21% di tahun 1995. penggunaan forcep menurun dari 5,5% ditahun 1989 menjadi 3,8% ditahun 1994.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *