Berita Terkini

Telur Beranak di Australia Ini Menghebohkan Warga Setempat

Telur Beranak di Australia Ini Menghebohkan Warga Setempat

Telur Beranak di Australia Ini Menghebohkan Warga Setempat

Salah satu peternakan yang ada di negara australia menemukan distributor telur ayam ras yang beranak tepatnya di qeensland. Di waktu yang lalu ada seorang karyawan yang sedang bekerja di peternakan itu lalu menemukan sebuah telur yang ukuran besarnya tiga kali lipat dari ukuran telur normalnya. Pada saat ditimbang beratnya itu 176 gram.

Mungkin anda sekalian berpikir apabila telur ini dipecah isinya dua hingga tiga telut ayam sekaligus. Harapan itu salah besar. Pada saat karyawan memecah telur tersebut, justru merea menemukan telur ayam lagi secara sempurna dengan cangka dan ada kuning telur di dalamnya.

“Sangatlah jarang ditemukan telur yang sebesar ini, apalagi ada telur utuh berada di dalam. Kami semua ini sangatlah terkejut, mungkin nutrisilah yang mampu membentuk telur sebesar ini,” kata scott stockman sebagai pemilik stockman egg dilansir oleh newsweek selama, 6 maret 2018.

Karyawan peternakan mendapatkan telur satu ini mengatakan bahwa telur yang ditemukan adalah salah satu keanehan alam. Bukan hanya karyawan dari peternakan ini, sejumlah ahli yang langsung dihubungi oleh newsweek juga mengungkapkkan belum pernah mengetahui sebelumnya. Anders miki bojesen salah satu profesor preventive veterinary micorbiology di copenhagen university mengatakan hal itu.

Baca juga artikel tentang: Rekam Mahasiswinya di Kamar Mandi Profesor di Australia di Pidanakan

Hal yang sama juga diungkapkkan oleh kepala koperasi badan amal distributor telur ayam ras, gaynor davies di inggris tepatnya di british hen welfare trust.

“Sembilan tahun bekerja dengan ayam, kejadian telur sebesar ini merupakan suatu hal yang jarang ditemukan selama ini,” ungkap davies.

Untuk menjawab keanehan ini, perlu paham telur itu diproduksi secara normalnya. Telur beranak ini mempunyai ukuran tiga kali lipat dari ukuran telur pada umumnya. Ayam sendiri mempunyai satu ovrium saja di bagian kiri untuk pembuatan kuning telur secara sempurna. Kuning telur lalu bergerak pada seluran telur. Di sinilah putih telur itu muncul kurang lebih 3-4 jam. Pada akhirnya kuning dan purih telur masuk di kelenjar cangkang atau kulit telur. Prosesnya kurang lebih satu hari.

Perjalanan membentuk distributor telur ayam ras sendiri didorong dari serangkaian kontraksi otot dengan sebutan gerakan peristaltik. Prosesnya sama ketika kita mengeluarkan pasta gigi yang terkahir dalam tabungnya.

Kasus satu ini menjadi langka sebab membentuk telur dengan jumlah ganda. Berkaitan dengan hal itu, para ahli menduga adanya gangguan pada proses peristaltiknya.

“Bisa jadi ayam itu mengalami cegukan dn otonta kejang dan memutar dan telur yang sudah terbentuk itu bergerak secara mundur pada saluran cangkang,” ucap spesialis unggas di eropa, stephen a lister.

“Saluran cangkang tersebut mengenal sebagai kuning telut yang lebih besar dan mulai menumpahkan banyaknya putih telur dan selapit cangkang yang baru. Sehingga membungkus di telur yang pertama keluar,” sambungnya.

Beda dengan lister, davies yang mempunyai asumsi tersendiri. Menurut davies sebab telur itu telah terbentuk secara sempurna dan tertahan di bagian sluran cangkang terlalu lama dan membuat terjadinya proses pembentukan cangkang lagi yang ukurannya jauh lebih besar.
“Ketika telur selanjutnya itu dilepaskan, akan membuat kontraksi yang mampu mendorong telur sebelumnya kembali pada saluran telur. Dua telur tersebut lalu bergerak kembali di kelenjar cangkang dan pada akhirnya membungkus keduanya, menciptakan telur yang super besar,” kata davies.

“Proses satu ini dikenal sebagai counter peristalsis kontraksi yang pada umumnya terjadi di distributor telur ayam ras yang lebih tua,” ungkap davies.

Apapun dari kejadian ini merupakan pengalaman yang aneh dan sangatlah langka.

Sumber: https://sains.kompas.com/read/2018/03/07/193400523/kasus-langka-ada-telur-beranak-di-australia-

http://www.distributortelurjakarta.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *