Berita Terkini

Dibuka Pendaftaran Beasiswa Pembangunan Australia ADS

Warga Indonesia yang memiliki kebulatan hati untuk membentuk masa depan negerinya diundang untuk mengajukan permohonan beasiswa Australian Development Scholarship (ADS) 2008.

“Beasiswa ini adalah kesempatan penting bagi warga Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya dan membangun jaringan di Australia,” kata Duta Besar Australia Bill Farmer. “Pengalaman ini baik secara pribadi maupun akademis tak ternilai harganya dan membantu warga Indonesia berbakat untuk berbakti bagi negerinya setelah kembali ke Indonesia.”

Beasiswa ini dikelola oleh Badan Bantuan Pembangunan Internasional Australia AusAID dan menyediakan pendanaan untuk belajar pada tingkat Master (S2) dan Doktor (S3) di Australia. Beasiswa ini ditujukan bagi individu yang memiliki tekad untuk mengatasi masalah-masalah pembangunan dalam pengelolaan ekonomi dan pertumbuhan berkelanjutan, demokrasi, keadilan dan pemerintahan, peningkatan sumber daya manusia termasuk bidang kesehatan dan pendidikan; serta keselamatan dan perdamaian.

“Program Beasiswa Australia diselenggarakan dalam kemitraan erat dengan Pemerintah Indonesia. Dampak program ini dapat dilihat melalui ribuan alumni ADS yang telah kembali ke Indonesia dan berbakti kepada negeri ini dalam bidang-bidang prioritas pembangunan,” ujar Farmer.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Bidang studi yang ditawarkan dikaji ulang setiap tahun berdasarkan kebutuhan pembangunan Indonesia.

Hingga 300 beasiswa ADS tersedia untuk mulai studi pada 2009-10, setengah di antaranya dialokasikan untuk perempuan. Tiga puluh persen tersedia bagi masyarakat dari Kawasan Indonesia Timur dan Aceh.

ADS adalah program beasiswa berbasis prestasi yang tersedia bagi pemegang ijazah S1 dari sektor pemerintah maupun bukan pemerintah. Calon harus memenuhi seluruh kriteria persyaratan termasuk Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,9 (pada skala maksimal 4,00), nilai minimal IELTS 5,0 atau TOEFL 500 (diperoleh pada 2007 atau 2008) serta berusia tidak lebih dari 42 tahun pada saat pengajuan.

Pengajuan beasiswa ADS 2008 ditutup pada 5 September 2008. Informasi lebih lanjut silakan kunjungi : www.australianscholarships.gov.au atau www.adsjakarta.co.id

Pertanyaan Pers:
Mia Salim tel. (021) 2550 5490 hp. 0812 107 0237

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *