Berita Terkini

Bahaya Modifikasi Sepeda Listrik di Australia

Makin banyak warga Australia tinggalkan mobil dan beralih ke sepeda elektrik, kini di Australia sedang terjadi revolusi sepeda. Banyak sekali perusahaan yang memproduksi sepeda listrik dengan model dan kelebihan. Bahkan ada sepeda listrik yang mempunyai kecepatan 80km/jam.

Don Aitkin, penasihat jalan raya, mengatakan bahwa kecepatan sepeda akan menimbulkan bahaya bukan hanya bagi pengendara lainnya. Namun, juga bisa membahayakan para pejalan kaki.

Sepeda listrik tidak perlu menggunakan SIM ataupun surat izin yang lain. Walau terlihat seperti sepeda biasa, sepeda listrik mempunyai aturan tertentu. Dalam undang undang lalu lintas di Australia, kecepatan maksimum sepeda listrik dibatasi sampai 25km perjam, dan power motor hanya 250W.

Karena ingin mendapatkan sensasi berbeda, banyak komunitas yang memodifikasi sepedanya yang tentu melanggar peraturan keamanan di jalan raya.

Seorang penjual sepeda Travor mengatakan bahwa sepeda listrik semakin populer, terutama motor sepeda listrik untuk menanjak. Seperti menaiki kendaraan motor biasa tapi bentuknya sepeda listrik. Harga sepeda di Australia antara A$3000 dan A$7000 dengan sepeda gaya Italia.

Sepeda listrik dapat melaju sampai 80km perjam, kekuatan motor 1000W, artinya setara kecepataan kendaraan di dalam kota. http://sepedalistrik.id/

Di Ibukota Canberra, penjual sepeda Simone mengatakan ada pembeli yang memodifikasi sepeda mereka dengan komponen sendiri. Seperti Frankenstein electric bike.

Mengapa sepeda modifikasi tidak diizinkan? Bayangkan 1000W motor listrik di sepeda, dengan kemampuan rem yang lemah, ditamah handling pengendara yang buruk. Itu sama saja kehancuran. Para pemodifikasi tidak tahu bahayanya rancangan sepeda yang mereka buat. Bahkan pihak kepolisian kesulitan menemukan dimana bengkel perorangan yang membuatnya.


Namun, tidak semua orang gila dengan sepeda listrik. Beberapa orang mengunakan sepeda listrik untuk pergi ke tempat kerja sambil berolahraga. Bersepeda membantu membentuk tubuh dan memberikan energi. Salah satu pekerja mengaku ia harus pergi ke tempat kerja yang berjarak 30km dan mencoba mengunakan sepeda listrik. Hasilnya, berat badannya mulai turun sampai 35kg. Sebelumnya berat badannya sangat parah.

Intinya sepeda adalah sepeda. Bukan dimodifikasi gila gilaan dengan motor yang lebih kuat. Sepeda diciptakan dengan batas kemampuan sebuah sepeda. Bila sudah melewati batas, dan rem sepeda tidak mampu menangani sama saja dengan celaka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *