Akuntansi

CPA Australia dengan Strategi Baru Gelar Kompetisi Akuntansi

CPA Australia dengan Strategi Baru Gelar Kompetisi Akuntansi

CPA Australia dengan Strategi Baru Gelar Kompetisi Akuntansi

CPA Australia kembali lagi dengan menyelenggarakan sebuah kompetisi besar yaitu Kompetisi Akuntansi CPA Australia 2016. Sebelumnya organisasi ini telah menggelar acara tersebut selama beberapa tahun berturut-turut mulai dari 2013 sampai 2015 lalu. Karena banyak peminat serta masyarakat yang turut serta maka diadakanlah perlombaan yang baru. Tujuan dari kompetisi itu sendiri yaitu ingin membantu, memotivasi sekaligus menciptakan generasi calon akuntan Indonesia agar berkualitas dan mampu bersaing di pasar global.

Acara itu mendapatkan dukungan dan komitmen penuh dari para pemimpin ASEAN demi terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Selain itu juga menjadikan negara-negara di ASEAN menjadi wilayah pergerakan bebas meliputi barang, jasa, tenaga kerja terampil, investasi, aliran bebas modal dan lain sebagainya. Selain itu juga menjadikan masyarakatnya melek akan dunia teknologi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti penggunaan software akuntansi. Dengan jumlah penduduk sekitar 257 juta jiwa bahkan lebih yang menguasai 40% pasar ekonomi Asia, Indonesia menjadi daya pikat tersendiri bagi para investor dunia. Kemudian Indonesia diprediksi akan memegang peranan utama dalam MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN nantinya.

Chief Representative Indonesia Office, Retty Setiawan mengungkapkan jika bidang ekonomi tanah air telah berkembang pesat sehingga banyak sekali perusahaan asing atau global yang menanamkan modalnya. Bahkan perusahaan tersebut tidak sekedar meminta tenaga akuntan terbaik tetapi berintegritas bagus tetapi juga harus mempunyai wawasan mengenai berbagai macam hal. Selain itu akuntan diminta agar berjiwa kepemimpinan serta memiliki kemampuan dan keterampilan berbisnis. Hal ini bertujuan agar nanti mereka dapat bekerja di perusahaan-perusahaan asing dan bersaing dengan negara lain secara profesional. Inilah yang menyebabkan mengapa penting sekali bagi mereka untuk memupuk designasi profesi internasional sejak awal.

Kompetisi CPA Australia ingin mempersiapkan sekaligus memberikan motivasi kepada para generasi muda agar lebih profesional dalam berkarier, terutama di bidang ekonomi akuntansi. Selama kompetisi berlangsung, bahasa yang digunakan yaitu Bahasa Inggris karena diikuti oleh peserta lain dari berbagai negara. Untuk jumlah pesertanya sendiri ada kurang lebih 50 tim yang masing-masing terdiri dari tiga orang mahasiswa akuntansi universitas negeri dan swasta. Tugas mereka disana yaitu menjawab pertanyaan, melakukan studi kasus serta memecahkan masalah ekonomi dengan standar internasional, seperti memanfaatkan teknologi digital software akuntansi.

Terdapat kebebasan luas bagi warga ASEAN untuk bekerja dan mendapatkan pergerakan bebas tenaga kerja terampil. Akan tetapi tetap ada peraturan atau kebijakan tersendiri yang mengatur jalannya pergerakan tersebut, contohnya seperti MRA atau pengakuan Agreement. Aturan tersebut berupa sebuah pengakuan untuk memberikan fleksibilitas akuntan saat mencari pekerjaan di berbagai negara ASEAN. Hal tersebut dijelaskan oleh Yudi Irmawan selaku perwakilan dari Pusat Pembinaan Profesi Keuangan atau PPPK. Dengan begitu, adanya CPA Australia maka bisa meningkatkan kualitas para akuntan profesional Indonesia sehingga mereka diakui dunia, khususnya wilayah ASEAN.

Bagi para pemenang kompetisi CPA akan diberikan penghargaan sekaligus hadiah besar yaitu beasiswa sekolah lanjutan. Beasiswa tersebut bertujuan untuk memotivasi para calon akuntan terbaik Indonesia agar mau mengembangkan keterampilan serta ilmu yang telah didapatkan. Misalnya saja menerapkan teknologi ekonomi dan software akuntansi kepada masyarakat luas. Hal itu akan semakin mendukung terciptanya kesejahteraan ekonomi karena mereka mampu mengetahui dan memanfaatkan fasilitas yang ada. Selain itu juga dapat digunakan untuk memacu para akuntan lain supaya lebih bersemangat dan meningkatkan kemampuan.

Sumber: https://swa.co.id/swa/business-strategy/strategi-cpa-australia-gelar-kompetisiakuntansi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *